Latihan Sispamkota

Latihan Sispamkota
Antisipasi Unjuk Rasa dalam Pemilu

Pelatihan SAR

Pelatihan SAR
Antisipasi Bencana Banjir

Setelah lama gak buat postingan,,,akhirnya malam minggu ini saya buat postingan ttng salah satu tokoh yang sangat sangat saya kagumi.
Beliau adalah Hoegeng Iman Santoso


Anda tau siapakah beliau ini?
kalau belum mari kita lihat biodatanya.

Nama : Jenderal Polisi Hoegeng Iman Santoso
Tempat tanggal Lahir : Pekalongan 14 Oktober 1921
Alamat : Komplek Pesona Kahyangan, Kawasan Depok.
Nama Istri : Merryati
Nama Anak : Renny, Aditya dan Ayu.
Pendidikan:
- HIS (1934) dan MULO B (1937), Pekalongan
- AMS, Yogyakarta (1940)
- Pendidikan Ajun Inspektur Polisi, Pekalongan (1943)
- Sekolah Tinggi Polisi, Sukabumi (1944)
- Provost Marshall General School, AS (1950)
- PTIK (1952)
- Pendidikan Brimob, Porong (1959)
Karir:
- Kapolsek Jomblang, Semarang (1945)
- Kepala DPKN, Surabaya (1952-1955)
- Kepala Reskrim Sumatera Utara, Medan (1955-1959)
- Kepala Jawatan Imigrasi (1960-1965)
- Menteri Iuran Negara (1966-1967)
- Deputi Operasi Menpangak (1967-1968)
- Kapolri (1968-1971)
Kegiatan lain:
- Pendiri band The Hawaiian Seniors
- Anggota YLKB (1979-sekarang)

Nah,sekarang kenapa beliau orang yang saya kagumi?
Begini ni ceritanya
kemarin saya pernah lihat sebuah gambar kartun, bertuliskan
Ada dua polisi yang tidak dapat disuap HOEGENG dan POLISI TIDUR


Lihat kata POLISI TIDUR,saya tertawa geli,tapi saat melihat HOEGENG,langsung saya pikir “apa bisa disetarakan anti suapnya dengan polisi tidur??secara hari gini rakyat sudah tau gmana para pejabat-pejabat di Indonesia.”

Penasaran,saya cari tau di internet siapa sih sosok yang katanya anti suap ini?
Lalu saya temukan istilah yang saya qoute diatas,ternyata itu adalah perkataan mantan presiden kita Abdurahman Wahid,yang sgat membuat saya terkejut karena orang sehebat beliau yang memuji Hoegeng.
Setelah baca sini baca sana,saya hanya bisa berdecak kagum.
Mata saya tak bisa lepas dari artikel ttng dirinya.
Sungguh luar biasa,orang langka,sanggat langka ada di bumi pertiwi ini.
Emang beliau bagaimana sih??

Oke,saya akan ceritakan hal yang membuat saya kagum,
beliau hidup sangat sederhana,dikatakan bahwa beliau pernah menolak suapan rumah dan mobil,serta membuang perabotan mewah di rumah dinasnya saat bertugas di Sumut sebagai kepala reskrim.*sangat beda dengan petinggi-petinggi negara sekarang*.
Hal ini lah yang membuat warga kota Medan gempar,karena ada seorang Polisi yang tidak dapat disuap

Ternyata beliau belajar dari sang ayah yang seorang birokrat tapi sampai akhir hayatnya tidak sempat punya tanah dan rumah pribadi.. *Nah lo,ada ga sekarang birokrat yang gitu?

Beliau juga diceritakan tak segan-segan turun dari mobil untuk melancarkan lalu lintas yang macet,dan juga sering naik bajaj
Dan banyak lagi cerita tentang beliau yang kalau saya tuliskan disini,panjaang deh jadinya…


Tapi beliau sudah menutup usianya pada tanggal 14 Juli 2004 dini hari,saat itulah dimana Indonesia kehilangan salah satu putra terbaiknya.
Nah,dari situ saya berpikir,kapan kiranya ada seseorang yang kalau tidak sama,minimal mirip lah sikapnya dengan beliau ini.
Sudah lama,rakyat menunggu-nunggu adanya orang jujur yang tegas dan berani membongkar bobrok dan mendisiplinkan bangsa ini.
Tapi,saya tetap yakin suatu saat bangsa ini akan bangkit dari keterpurukan nya oleh orang-orang yang seperti beliau ini.
- Hormat takjub pada HOEGENG IMAN SANTOSO

Posted By : Bripka Herfih Bag Ops Polres HST

0 komentar: