Latihan Sispamkota

Latihan Sispamkota
Antisipasi Unjuk Rasa dalam Pemilu

Pelatihan SAR

Pelatihan SAR
Antisipasi Bencana Banjir

EVAKUASI KORBAN TENGGELAM KARENA KECELAKAAN KERJA

Hulu Sungai Tengah, pada hari Minggu tanggal 3 November 2013 sekitar jam 15.30 Wita telah terjadi kecelakaan kerja yang menewaskan 1 orang An. TAHMIDILLAH, umur 42 tahun, warga desa Wawai Rt. 06 Birayang Kec. Batang Alai Selatan Kab. Hulu Sungai Tengah. 

Korban merupakan buruh penambang pasir yang menurut para saksi pada saat kejadian, korban bersama anak pemilik mesin penyedot An. ALIMIN umur 11 tahun ke sungai untuk menyedot pasir dari pinggir. Saat melakukan penyedotan, korban terlalu dekat dengan tebing tanah yang dibawahnya mulut penyedot. Karena disedot terlalu dalam, tanah dekat lubang penyedot longsor dan korban tidak sempat menghindar sehingga tertindih tanah serta dua batu besar yang disebut batu ampar.

Kejadian tersebut dibenarkan oleh seorang bocah yang pada saat itu sedang bermain disungai yang salah satunya adalah An. WILDIANOR, siswa MTs Wawai Gardu yang mengaku melihat korban roboh saat tertimpa batu setelah tanahnya longsor.

Pada saat evakuasi mengangkat tubuh korban didalam air mengalami kesulitan dan memakan waktu sekitar 2 jam setelah kejadian. Ada sekitar 50 orang mencoba mengangkat batu dan mengikat dengan tali tambang tapi gagal karena licin. Setelah BPK menggunakan mesin penyemprot untuk menyingkirkan tanah pasir disekitarnya barulah batunya bisa bergeser dan tubuh korban bisa dievakuasi. Korban sudah tidak bernyawa dan ditemukan dengan posisi terlentang serta bahu lebam bekas tertimpa batu.

Kapolsek Batang Alai Selatan, IPDA FERDIKUS SALAMA mengatakan berdasarkan informasi yang dikumpulkan dan olah tempat kejadian perkara kejadian itu murni kecelakaan. " Diduga karena getaran mesin yang membuat tanahnya labil sehingga longsor disertai batu disekitarnya."


Menurut keluarga korban, kejadian tersebut dianggap sebagai musibah sehingga menolak saat tim SAR dan POLISI hendak membawa jenazah korban ke rumah sakit untuk divisum.


0 komentar: